Bau busuk 😖

Mudik cuma sehari itu rasanya capek banget. Bayangin aja, nyampe tujuan jam 01.30 dini hari. Pagi shalat ‘id lanjut muter2, besok paginya balik lagi ke domisili..cape💤 💤

Capek gitu pengennya langsunh istirahat dong ya…tapi ternyata kami belum diijinkan istirahat. Soale begitu mbuka pintu kamar, menguarlah bau busuk 😖 Terpaksa kami geledah kamar, nyari si tersangka; bangkai cicak. Berjam-jam dicari, ga ada hasilnya. Terpaksa tidur dengan mencium kombinasi bau bangkai dan pengharum lemari yg terpaksa dipakai untuk mengurangi bau busuknya 😧

Paginya datanglah, entah dari mana, lalat jumbo di kamar. Kesel kan, dah brasa di pasar bagian pembuangan sampah aja jadinya…bau busuk + lalat 😤 Akhirnya aye tangkep tuh lalat, yg gerakannya lelet banget ini, pake bekas bungkusan pengharum lemari yg belum aye buang (maksudnya sih buat nambahin wangi gitu..biar ga mubazir wkwkw).

20180617_105747.jpg

Lalat lucknut

Taunya..ga ada 5 detik, di dalam kantong yg sama tiba2 muncul 2 belatung! 😲 Penasaran kan, ini lalat apaan sih, kok dia ngeluarin belatung gitu.. Hasil browsing ketemulah kalo ini adalah blow fly.

Nama ini didapat si lalat dari orang-orang Inggris, berdasarkan kondisi daging yang jadi bengkak (blown) setelah dijadikan tempat bertelur oleh si lalat (fly). Dan ternyata, yang aye sangka belatungbitu ternyata anaknya si lalat. Kalau mau tau siklus hidupnya, bisa liat gambar di bawah ini.

Dari hasil browsing ini juga, aye baru tau kalo ni lalet bisa nyium bau bangkai hewan dari jarak 1 mil (1,6 km)😲 Hewan ini bisa bantuin petugas forensik, karena belatung yang ada di mayat bisa dipake untuk ukur waktu kematian.

Masya allah ya..ternyata hewan menjijikkan dan menyebalkan ini bisa memberi manfaat pada manusia.

Ga ada hal sia-sia yang diciptakan oleh Allah, kalau kita mau sedikit saja berpikir. Bahkan untuk hal “sepele” macam lalat ni, bisa memberikan pelajaran yang berharga buat kita, manusia, makhluk yang dikaruniai akal untuk berpikir..

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ۚ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah. (QS Al Hajj: 73)

 

إِنَّ فِى ٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ ٱللَّهُ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa. ( QS Yunus: 6

K.O

Tags

, ,

Aye yang sering koar2 menobatkan diri sendiri sebagai setan cabe, hari ini harus menelan pil pahit.

Aye yang menerapkan standar minimal 7 rawit merah untuk setiap bungkus mi instan kuah yg aye makan, hari ini kalah oleh sebutir rawit hijau yang bahkan tidak pedas.

Aye yang ngerasa termasuk dalam jajaran orang yang paling kuat menahan hajaran rasa pedas yang menyambar-nyambar (lebay) dari cabe, hari ini harus menahan sakit akibat cabe, yang -sekali lagi- bahkan tidak pedas.

Ada apa sih hari ini?

Hari ini, gusi blakang aye yang sudah tak bergigi, kesodok sebutir utuh cabe rawit.

Remeh ya?

Tapi efek yang ditimbulkan sungguh tidak remeh. Sakitnya, alamakjang, sesakit ketika momen itu..momen dimana akhirnya aye harus merelakan gigi aye dicabut.

Alhamdulillah

Mungkin karena kejadiannya di hari jum’at, aye jadi kebagian berkah, dapet hikmah.

Bahwa orang-orang sombong akan dijatuhkan, dibikin K.O, oleh hal yang biasanya mereka sombongkan….

Bagi Fir’aun yang merasa kuasa mengalirkan Nil dan memperbudak Bani Israil; ada Musa yang tak putus asa. Tapi airlah yang mengakhiri si raja.

Bagi Namrudz yang menyatakan mampu menghidupkan dan mematikan; ada Ibrahim mendebatnya. Tapi nyamuk saja kiranya yang menjadi sebab khatamnya.

(Salim A. Fillah, 15 April 2017)

 

 

 

Koleksi

Tags

, , , , , , , , ,

Jaman dahoeloe kala,ketika tementemen aye pada demen ngumpulin kertas surat wangi, aye ikutan.
Tapi ga bertahan lama. Males juga tukeran ama temen2 yang seleranya kayaknya nggak memenuhi standar aye *songong*
Lalu aye ngumpulin gundu alias kelereng. Mulai dari yang ukurannya segede upil gajah, sampe yang ukurannya 2x telor puyuh.
Tapi nggak awet juga, abis buat maen gundu. Emang lebih enak dimaenin sih daripada dipandang-pandangin aje.

Pas abege kecil, aye ngumpulin kartukartu sailormoon yg dijual di abang-abang.
Tapi kagak bertahan lama coz abangnya jualannya siang sih..sedangkan aye masuk siang. Jd cuma bisa nyegat pas libur doang. Kagak seru.

Pas abege beneran, liat temen2 aye ngumpulin iklan-iklan branded di bindernya, aye ikutan.
Yah, ini juga kagak bertahan lama. Soale buat ngumpulin tu iklan harus beli majalah remaja macem Gadis n Kawanku, sedangkan aye demennya baca Bobo , Anandan si Kuncung. Kepriwe jal?

Jaman kuliah kagak sempet mikirin koleksi..maklum sibugh demo sampe punya moto “Jangan sampai kuliah mengalahkan demo” haghaghag

Pas dah punya duit sendiri, mulai bertekat ngumpulin sepatu aneka warna n tas yg match ama ntu tas.
Tp dasarnya aye cuma demen ama tas slempang n ransel, dah gitu aye dikatain ama temen kantor bahwa aye mirip mba OG yg hobinya matchingin tas n sepatunye, ditambah lagi pas sakit kmrn aye butuh duit, dijual2in dah tu koleksi tas pemininnye..hicks..

Belum lama ini, aye keracunan ama emak-emak di grup rumpi hihihi. Aye jadi demen lego. Alesannya sih buat bocils. Padahal emaknya seneng juga hehe. Ampe dibela2in ikut grup lego biar bisa mantengin lelang supaya dapet harga tiarap.
Lumayan dapet beberapa. Tapi akhirnya aye juga brenti dari kegiatan kumpul-mengumpulkan lego ini.
Kenapa?
Pertama, total kerusakannya lumayan parah buat aye yg pelit ini :p
Kedua, aye jadi brasa sipir. Coz ntu lego asli cuma bole dimaenin pas aye dirumah. Selebihnya dikonci di lemari. Soale bocah-bocah dirumah masi pada kecil n ada yang hobinya nglemparin maenan ke jalanan huhuhu.
Ketiga, karena kesipiran aye itu, akhirnya aye beli berbagai lego kawe, yang ditaro diluar n bebas dimaenin kapan aja. Akhirnya bocah pada lupa maenin yang asli :p

Nahhh..
Kalo sekarang, aye lagi demen ngorder di orang-orang yang jago gambar.
Suka aja gitu ngeliatnya.
Dengan definisi karakter yang sama persis yang aye kasihin, hasilnya beda2 bgt. Secara aye juga bener-bener kagak bisa gambar. Jadi suka kagum gitu deh liat gambar (yang menurut aye) keren.
Mari kita liat..akan bertahan sampai kapankah koleksi yang satu ini?

update:

nah kan bener, koleksi gambar jg ga bertahan lama wkwkwk cuma 2bln klo ga salah.

Trus kemarin sempat ketularan (lagi) untuk beli2 tas kulit.
sepanjang masa, koleksi inilah yg bikin kantong paling jebol. insya allah dah bertekad pensiun (walopun barusan aja ngefix barang sale sekenan hahahah)

***pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati***

Semut-semut kecil

Tags

, , , , , , , , , ,

Dah tau belom pilem ant man?

image

Pilem ini ceritanya tentang seorang mantan napi yang berubah jadi super hero dengan bantuan seorang doktor. Doktor ini mengembangkan kostum super hero yang membuat pemakainya memiliki kemampuan kekuatan seperti semut n bisa berubah wujud jadi sekecil semut  trus balik lagi ke ukuran semula hanya dengan sekali klik^^

Continue reading

Sindroma Nyeri Campuran (MIXED PAIN SYNDROME)

catet

kuliah kedokteran

Nyeri sebagai tanda vital ke 5 memiliki dampak fisiologik dan psikologik serta mempengaruhi kualitas hidup seseorang yang mengalami nyeri terutama nyeri kronik.

Seringkali adanya nyeri membuat penanganan pasien menjadi lebih kompleks. Penanganan nyeri juga cukup rumit, hal ini terutama disebabkan oleh rumitnya mekanisme nyeri. Namun demikian nyeri tidak mendapat penanganan yang holistic, terutama nyeri akut baik mencakup nyeri pasca bedah atau di bidang gigi-mulut serta pada kasus geriatri.

View original post 1,522 more words

Antara pepija dan kita

Tags

, , , ,

Tadi pagi nonton di tipi, semacam acara jalan-jalan gitu. Presenternya ikutan nelayan Tarakan, Kalimantan Utara untuk nangkep ikan langsung di laut. Dari sekian banyak hasil tangkapan, terdapatlah ikan pepija, yang biasa disebut ikan lembek oleh penduduk setempat.

image

Ikan pepija -gambar ambil di google

Karena baru sekali ini liat, aye kira ni ikan aseli n cuma ada di Indonesia..ternyata nggak.. nih peta sebarannya yg diambil dari sumbernya

image

Lumayan luas juga ya sebarannya^^
Menurut FAO , walaupun asalnya dari kawasan timur pantai Afrika, tapi tangkapan terbesar ikan jenis ini ada di India (di sana dikenal dengan nama bombay duck) dan Indonesia.
Walopun menurut FAO ikan jenis ini juga biasa dijual dlm keadaan segar, di Tarakan biasanya dijual setelah dikeringkan terlebih dahulu.
Jadi begitu nelayan merapat ke dermaga n ikanikan dipisahkan berdasarkan jenisnya, pipeja ini langsung dibersihkan untuk kemudian dikeringkan. Kenapa? Kalo kata presenternya sih, karena tubuh ikan ini 80% terdiri dari air, jadi harus segera diproses supaya nggak hancur (which is bakalan nurunin nilai jualnya, i guess).

80% terdiri dari air..kaya familier..
Oh iya..KITA, manusia, kan juga terdiri dari 80% air ^^

*update 22042017: dan akhirnya ide yg sepertinya bagus utk mengambil hikmah dari ikan ini tidak tersalurkan akibat menunda2😥. tulisan menggantung😫

***pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati***

Ternyata Menyenangkan (bagian 3)

Tags

,

hadeuh..ini postingan lama amat delay nya..bagian 1 tertanggal 6 april, bagian 2 tertanggal 10 april..ckckckck…

Yak mari kita lanjutkan

Dari bandara komodo, rombongan aye masi kudu nyambung travel.
image
Alhamdulillah ber-ac, jadi kagak terlalu menderita lah ya..abis dah ditakut2in duluan ama mba2nya, katanya perjalanannya bakalan sulit. Bismillah aja dah..

image

Liat tuh konturnya..

(masi inget kan kontur segitiga lancip yang dipoto dari pesawat ?)

nanjak,tiba-tiba nikung eh tau-tau langsung turunan, abis turunan nikung lagi..

begitu terus..Aye yg punya vertigo langsung KO dibikinnya.. muntah2 booo.. Continue reading

Surga Yang Tak Dirindukan

Tags

,

tadinya aye, yang ngakunya paling anti dengan cerita bergenre drama n berbau romantis, sudah hendak bertobat.. cukup sekali nonton pilem romantis macam Assalamu’alaikum Beijing .

Tapi…

MD6

ini yang aye tonton lebaran kemaren >.<

Asli, dari awal denger-denger pilem yang diangkat dari novel ini mo dijadiin pilem, aye dah bertekad ga bakalan nonton. Liat aja nih novel sumbernya

surga-yang-tak-dirindukan

tuh..liat covernya aja dah bikin mo nangis T.T

bukan..bukan aye anti poligami. tapi, yah klise sih, ga sanggup klo disuruh ngejalanin :p

balik lagi ke pilemnya.. akhirnya terdamparlah aye n suami di studio 6, buat nonton pilemnya.

Kesan pertama: excited!

kenapa? karena settingnya di jogja, n pemerannya pun ceritanya sealmamater ama aye -jaket almamater berwarna ga jelas itu pun di pake^^ Jadilah sepanjang pilem malah nostalgia..”eh ini dimana sih, mas?” or “wah ini kan..” or “wah bunderan masih gitu2 aja ya” semacam itu lah 🙂

Kesan kedua: salut ama Arini

hebat juga.. rumah di Muntilan, kuliah di Sleman, ngajar TPA di Kota, soale jaman kuliah doeloe aye punya temen aktivis yang rumahnya di Muntilan, tapi doi ngekos tuh. soale lumayan jauh emang -pernah beberapa kali maen kesana-.

peta muntilan

kata gugel waktu tempuhnya sejam-an.. Arini keren bisa cuma 30menit hehe

Kesan ketiga: NYESEL!

nyesel banget aye nonton ini..aye jd diketawain ama suami aye coz nangis terus huhuhu.. nangis campur2..antara kasian ama Arini n anaknya, sebel ama si Mei Rose, ama ga habis pikir ama si Pras *emak2 disebelah aye malah super emosi, misuh2in si Pras n Mei Rose hahaha* untuk itu, para pemeran patut dikasi jempol deh 🙂

Overall, monggo ditonton pilemnya bareng pak suami.

biar bisa jadi bahan renungan n jadi pengingat supaya kita lebih bersyukur atas segala kebahagiaan yang dah kita dapetin bareng pasangan selama ini.

Buat yang belom ada gandengan, bolehlah ini dijadiin salah satu pengetahuan untuk bekal sambil nunggu pangeran berkuda putih or ksatria berkuda hitam *ihir*

NB: ada satu yang ngeganjel nih, pas dede bayi abis imunisasi (n nebus obatnya aye yakin di apotik blimbing sari deh *penting*) kok salah satu obat yang ditebus ada ambroxol ya? padahal si dede ga keliatan kalo batuk 🙂