Tags

, , , ,

Bertaon2 kuliah di jogja, ga pernah mampir ke yang namanya Kraton. Sekarang mumpung sempet, maen ah ke Taman Sari.. #lohkok


Langsung aja dah.
Jengjeng

image

Jadi, Taman Sari ini merupakan bagian dari Kraton. Lebih tepatnya pemandian bagi keluarga kerajaan
*duh itu sedotan ganggu bgt*
Sebelomnya maap pemirsah, karena jogja panas banget n aye aus banget, sebelum masuk aye beli minuman di tukang jamu depan pintu gerbang.
Ngarepnya sih dapet gulas kaya punyapak pur di boulevard ugm langganan aye doeloe. Tapi kok ini rasanya kaya kunir asem yang keaseman? Dah gitu pake pemanis buatan #sigh

Untuk masuk ke situs ini, kita harus beli tiket dulu ya.. jangan nyelonong aje. Murah kok.
*lupa..tadi bayar 3rb or 5rb yak*

Nanti di bawah gapura yang ada naganya itu, bakal ada pemeriksaan tiket. Trus ditawarin guide juga. Tapi karena aye pengiritan, jadinya ga sewa guide hehe.
Di samping gapura –mungkin kalo sewa guide tau nama gapura ini– ada tangga. Jadi kita bisa liat pemandangan dari atas.

image

Ni penampakan atas gapura

image

kalo ini pemandangan yang diliat kalo ada di atas gapura. Sayang ketutupan pohon. Kalo nggak, kliatan tuh pondok (saung?) Di pinggir2 setapak.
Sayangnya juga aye lupa moto wujud ntu pondok.. maap ye :p

Jalan setapak menuju ke tempat utama, kolam pemandian.
Ni dia kolamnya

image

Berdasarkan curi dengar omongan guide nya mister turis,  para selir mandi di kolam sebelah kiri ini — sebelah kanan ada kolam juga, tapi kata mbah gugel itu untuk putra-putri sultan– trus pas mereka mandi Sultan ngelempar bunga dari bagunan berjendela itu. Nah yang dapet bunganya, itulah yang terpilih (nemenin Sultan untuk malam itu)..

Eh, ada yang lagi cari inspirasi tuh. Poto ah…

image

Fyi, si mba duduknya di pinggi kolam yang buat putra-putri yaaa

Dah dapet poto –walopun kecewa, kolamnya pas nggak penuh– aye kluar dah.
Eh di luar ada penduduk lagi bikin sesuatu..

image

*maap pemandangan anda terganggu. Jangan khawatir, itu telunjuk, bukan jempol* #infopenting
Tau ga sodara2… si bapak minta bayaran coba… #sigh

Sebel ama si bapak matre, jd nyari2 obyek laen buat di poto.
Nah, tu ada gapura lagi. Beda ama yang tadi motifnya

image

Karena dah ga ada yang bisa dipoto lagi, akhirnya aye kluar lewat pintu di kiri gapura, sebelah toko lukisannya si bapak matre –masih sebel–
JEDUGGG!!
Astaghfirullah..sakit amat yak.
Liat punyaliat ternyata rendah banget pintunya. Kayanya cuma 150cm dah

image

#pentinguntukdipoto #pendendam

Sambil ngusap2 kepala, aye nanya ama tukang es krim yang mangkal deket situ ancer2 ke masjid bawah tanah. Bapaknya bae banget. Mau ngejelasin ancer2nya, ga matre kaya si bapak tadi –sebelnya belom ilang–. Karena aye belom aus n klo es krim makannya lama –aye ga mau makan sambil jalan. Kudu duduk biar nyunah– aye terpaksa ga beli tu es krim. Tapi aye doain, dengan sepenuh hati, supaya dagangan si bapak laris. Aamiin..

Alhamdulillah, sampe juga kita^^
Karena bawah tanah, tentu aja arahnya ke bawah tanah, turun.. #yaeyalah

image

Didalem lorongnya dibentuk kaya kubah masjid gitu

image

Jalan terusss.. akhirnya ketemu deh

image

Ini cerukan untuk Imam shalat.. sedang jamaah shafnya melingkar.
Di tengah2 lingkaran ada ini

image

Anak2 tangga tersebar di 5 penjuru. Hasil curi dengar guide –lagi– itu melambangkan jumlah shalat wajib.
Naik lewat tangga itu, ada ruang melingkar juga.

image

Ruang ini sejajar dengan jalan. Tuh..bisa ngintip rumah penduduk yang nebeng njemur intip di jendela hihihi.. liat ga intipnya? #penting

Tempatnya lumayan menarik buat poto2.. terbukti ada yg (sepertinya) lagi bikin poto pre-wed di ruangan bagian atas.
Di tengah2 pertemuan anak2 tangga itu juga spot paporit untuk berfoto. Setiap yang dateng pasti poto disitu. Sampe aye ga kebagian, kebuu ditempatin orang laen mulu.
Yawda deh, aye poto disini aja

image

Hmm..karena aye dah kebagian jatah poto, ceritanya udahan ya^^

pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati

Advertisements