Tags

, , , ,

Siapa mau belajar ngebatik? Yuks ikut^^

image

Saya dianter ke sini sama mas2 becak. Dari Taman Sari ongkosnya diminta 25rb.
Winotosastro ini toko sekaligus tempat produksi batik.
Dalemnya kaya gini nih tokonya

image

Maap numpang tenar

Setelah mendaftar di bagian pendaftaran *yaeyalah* saya dipersilahkan memasuki ruangan produksi yang letaknya di belakang toko. Saya lalu di tanya, mau membuat batik tulis atau cap? Saya jawab kombinasi. Lalu seelah diberi modal sehelai kain yang telah diberi hiasan tepi,saya dipersilahkan untuk memilih contoh motif untuk di tiru. Ga mesti niru sih.. klo mau pake gambar sendiri juga boleh kok. Tapi berhubung aye kagak bisa nggambar, ya nyeplak yang dah ada aja hehe

image

Saya pilih motif burung hantu karena konon kabarnya, si burhan ini melambangkan pengetahuan dan kebijaksanaan.
Mari kita nyeplaaak ^^

image

(Sok) serius

Selesai nyeplak trus lanjut nyanting

image

Malam yang dipanaskan + canthing

image

Yeayyy selasaiii

image

Tapi ternyata, belum sempurna. Kata mba nya kurang tebel, jadi ga tembus ke blakang. Jadinya kudu di swmpurnain deh sama mba nya

image

Maap ya mba, nambahin kerjaan hehe

Dah sempurna, lanjut ke tempat cap.
Ada beberapa cap yang bisa dipilih peserta workshop.
Daaannn..ada banyak lagi cap yang khusus untuk produksi. Banyak banget jenisnya

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Tuh banyak kaaaan^^

Setelah milih cap, terlebih dahulu capnya di panaskan di atas malam yang sudah dialasi oleh kain

image

Peralatan cap + kain yang sudah di cap

image

image

Selesai di cap, kain direndam air dingin dulu sebentar

image

Trus dikasih pewarna dasar

image

Trus diwarnai sesuai keinginan.
Aye suka merah, jadinya…

image

Untuk workshop, pewarnanya kimia. Kalo untuk di jual, ada yang pake pewarna alami juga. Ini macem2 warnanya

image

Balik ke batik saya. Setelah diangin2ka sebentar, kain di rebus untuk menghilangkan malam yang masih nempel

image

Abis tu kain di keringkan, dirapikan pinggirannya, daaann…

image

Jeng..jeng!!!

Yeay..my very own batik^^

Berikut ini ringkasan proses membuat batik.

image

Ada yang di skip di workshop. Tapi gapapa, segitu aja dah seneng kok^^

Yang mau nyobain juga, monggo mampir
image

Biayanya 50rb. Proses workshop skitar 2jam


pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati

Advertisements