Tags

, ,

kali ini aye mo cerita tentang asatidz (para ustadz) paporit aye. siapa sih yang dimaksud dengan ustadz ini? Dr. Ali Jasim Salman dalam kitab Mausuah al-Akhta’ al-Lughawiyah as-Syai’ah (موسوعة الأخطاء اللغوية الشائعة) menguraikan sebagai berikut: kata ustadz (Arab, أستاذ) berasal dari bahasa Persia klasik yang dalam bahasa Persia (Iran) ditulis istad (Persia, إستاد). Dari segi arti ia mendekati kata khwaja (خواجة) sebuah kata bahasa Parsi yang bermakna pengajar, tuan, atau orang tua (sumbernya ada di http://www.alkhoirot.net/2012/07/definisi-ustadz.html).

nah yang mau aye bahas ini adalah pengajar dibidang agama islam, sebagaimana istilah ustadz lazim digunakan di Indonesia. setelah diliat2, ternyata ada 3 ustadz yang jadi paporit aye. dan setelah dilihat-lihat lagi, ternyata 3 ustadz ini merupakan ustadz yang gede (mengembangkan keilmuannya secara luas) di Jogja. mungkin karena aye bisa dibilang juga gede (terwarnai secara keilmuan) waktu nguli-ah di jogja 😀

yuk intip siapa aja para penyambung lidah Rasulullah S.A.W ini^^

1. Ustadz Syatori Abdul Rauf

abiya

beliau ini menurut pengamatan saya, masya allah deh. mata hatinya super tajam. aye ngalamin sendiri. jelek-jelek gini sempet nyicipin belajar di PPMI Daarush Shaalihat, asuhannya abiyya dan ummiyya (panggilan sayang kami, para santri, untuk ustadz syatori dan istrinya). jadi tuh ya, materi yang disampein ke kami tuh bener-bener bisa menampar kami para santri. padahal disampaikan dengan penuh lemah lembut. tapi dalem banget, dan yang bikin nampar itu karen biasanya detil yang disampaikan itu sesuai dengan apa yang kami, setidaknya, aye alamin pada saat itu. selaen bermata hati tajam dan lemah lembut, abiyya itu romantis syekaleeee. aye aja yang pada waktu itu paling anti ama segala bentuk keromantisan, bisa klepek-klepek kalo denger abiyya muji umiyya di depan orangnya langsung, maupun ketika orangnya ga ada disitu hihihi.

2. Ustadz Wijayanto

HITAM-PUTIH-3

beliau ini salah satu pengajar di almamater aye di bulaksumur sonoh. yang aye suka dari ustadz ini adalah, bahasanya membumi, gaul kalo istilah sekarang mah. pilihan katanya bisa masuk ke semua kalangan kalo menurut aye. mulai dari yang bener-bener nyari ilmu, ampe yang cuma iseng-iseng liat aja. walopun gaul, tapi beliau nggak kaya ustadz gaul laen, yang sekarang banyak menjamur di tipi. beliau tampilannya tetep bersahaja, kagak mentereng. dah gitu, beliau termasuk tegas, untuk beberapa hal yang ustadz (ah) lain masih kasih kelonggaran. kalo nggak boleh ya dibilang ga boleh. ga pake tapi. ga pake pemakluman. sip dah^^

3. Ustadz Salim A. Fillah

salim

umurnya sih lebih muda daripada aye. tapi ilmunya…banyaaak. beliau rajin ngetwit loh. isinya macem-macem. mulai dari sejarah hingga kekinian. semuanya disampaikan dengan sejuk dan cerdas dalam pilihan kalimat yang berima. ga percaya? coba intip twitternya: @salimafillah

nah itu tadi para ustadz paporit aye. kalo kamu?

Advertisements