Tags

, , ,

Jika Tak Kau Temukan Cinta, Biar Cinta menemukanmu

Dah denger lama sih, kalo novel dengan judul yang sama bakal dibikin pilem. Tapi agak ga minat gitu coz aye kurang demen ama cerita2 yang genrenya romantis hehe. Tapi karena di salah satu grup yang aye ikutin rame ngomongin, akhirnya…

PicsArt_1420616949304

Ide ceritanya sih sederhana. Tokoh utama patah hati. Tokoh utama berusaha menyembuhkan luka hati. Tokoh utama ketemu ama cinta sejatinya. itu aja sih kalo menurut aye. Tapi yang bikin istimewa itu, Asma Nadia bisa loh nggabungin antara APS (anti phospholipid syndrome) dengan legenda Ashima punyanya masyarakat Yunan, Tiongkok sana. Keren ya ­čÖé

Satu lagi yang aye suka dari pilem ini: Sekar. Tokoh ini diperanin ama Laudia C. Bella dengan bagus. Dapet banget deh gambaran seorang yang terkena sindrom K-Drama wkwkwkwk.

Pilem ini bagus untuk nambah pengetahuan. Buktinya, aye jadi kepancing untuk browsing tentang beberapa hal terkait dengan pilem ini. Nih dia:

1. APS (anti phospholipid syndrome)

Asmara, tokoh utama dalam pilem, belakangan di ketahui menderita penyakit ini. Apa sih APS itu? Pada APS, tubuh menghasilkan Anti Phospholipid Antibody yaitu antibodi yang menyerang phospholipid. Beberapa jenis protein yang berperan dalam proses pembekuan darah, ternyata menjadi target dari antibodi tersebut. Akibatnya darah mudah membeku.

Antibodi  phospholipid juga merangsang penggumpalan sel-sel pembekuan darah atau disebut Trombosis. Trombosis dapat terjadi pada pembuluh darah vena maupun pembuluh darah arteri. Trombosis dapat menyebabkan kerusakan pada organ yang disuplai oleh pembuluh darah tersebut. Kerusakan dapat terjadi pada satu organ atau pada keadaan yang parah kerusakan dapat terjadi pada beberapa organ dan mengakibatkan kematian.

Penderita APS, dapat mengalami keguguran berulang karena darah pembawa nutrisi untuk janin terhambat, tidak dapat masuk ke dalam rahim. Keguguran dapat terjadi pada awal kehamilan atau pada usia kehamilan 3 bulan. Gejala lain yang dapat muncul adalah terjadinya pre-eclampsia (tekanan darah meningkat secara drastis) (sumber info)

Di pilem di gambarin kalo Asmara sempat mengalami stroke yang mengakibatkan kelumpuhan. Selain itu Asmara juga menjadi tidak dapat berbicara akibat penyakit yang dideritanya.  Asmara bahkan sempat mengalami kebutaan meski hanya sementara. Tapi walaupun begitu, dan dah tau juga kalo beresiko bakalan ga punya anak, Zhong Wen alias Cung-cung tetep mau loh menua bersama alias nikahin Asmara. coooo cwiiit ^^

Aku tak ragu mengatakan, bersama denganmu walaupun
sebatas embusan angin kunamai ia anugerah

2. Ashima

Ashima merupakan puisi naratif milik suku Sani di Propinsi Yunan di barat daya China.

Berikut ini terjemahan bebas aye berdasarkan primbon om wiki

Ashima digambarkan sebagai seorang gadis desa yang baik, cantik, dan cerdas.

ashima

Dia jatuh cinta ama seorang penggembala bernama Ahei. Ahei ini orangnya baik, ramah, penyabar dan juga pemberani. Nah, si Ahei ini punya saingan, namanya Azhi, anaknya tuan tanah disana.

Walopun dah pernah ditolak, Azhi ini tetep ngotot untuk nikahin Ashima. Cape ditolak, akhirnya dia nyulik si Ashima. Pas tau, si Ahei langsung nyusul mereka ke bentengnya Azhi. Disana Ahei nantangin Azhi untuk lomba nyanyi buat nentuin siapa yang bakal ngedapetin Ashima

Setelah nyanyi 3hari berturut-turut, akhirnya Ahei menangin kontes itu.
Tak akan kau temukan aku terkapar sebab kekalahan serupa api bagiku yang membakar belukar di tiap jalan
Nah, pas Ahei n Ashima berkuda menuju jalan pulang, Azhi ngebuka bendungan yang biasanya buat nahan aer biar ga banjir. Karena bendungan dibuka, lembah yang lagi dilewatin ama Ashima n Ahei jadi banjir. Ahei selamat, tapi Ashima tenggelam.
Ashima yang tenggelam lalu berubah menjadi batu
Stone-Forest-Ashima-rock

Maka Ahei hanya bisa memanggil-manggil nama Ashima, tanpa pernah mendapat jawaban…

Ajarkan aku mantra pemikat cinta Ahei dan Ashima, maka akan kutaklukkan penghalang segala rupa agar sampai cintaku padanya

Dipilem ini Ashima di ejawantahkan dalam wujud Asmara, Ahei mewujud dalam Zhong Wen, dan Azhi ada dalam diri Dewa.

3. Masjid Niu Jie

Masjid ini tempat Zhong Wen mengikrarkan kepasrahan dirinya pada satu-satunya Rabb alam semesta, Allah SWT.

Cinta apa yang kau tawarkan?
Yang berakhir pada duka?
atau bermuara di kedalaman jiwa?

kaya apa sih masjidnya? intip yuks.. (poto diambil dari blog tetangga )

MesjidCina_PEKSI CAHYO007

MesjidCina_PEKSI CAHYO004MesjidCina_PEKSI CAHYO003

Masjid Niujie adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok.[1][2] Masjid yang telah mengalami renovasi dan perluasan beberapa kali ini merupakan pusat komunitas Muslim Beijing yang jumlahnya mencapai 200 ribu jiwa.[1][2] Arsitekturnya memperlihatkan campuran desain khas Cina-Islam.[3] Masjid terbesar di Beijing ini juga menjadi titik awal masuknya Islam di daratan Cina.[4]

Masjid Niujie yang dibangun pada tahun ke-14 masa pemerintahan Tonghe dari Dinasti Liao (tahun 996) oleh dua orang asalArab, merupakan masjid terbesar di antara 68 buah masjid di Beijing.[2][4] Masjid ini mengalami beberapa kali perluasan pada masa Dinasti Yuan, Ming dan Qing (abad ke-13 sampai 19).[2] Pada tahun 1442 (Dinasti Ming), bangunan masjid diperbaiki dan pada tahun 1696 (Dinasti Qing) diperluas.[4] Setelah Republik Rakyat Tiongkok berdiri tahun 1949, Masjid Niujie telah mengalami 3 kali renovasi, masing-masing pada tahun 1955, 1979 dan 1996.[2][4]

Masjid Niujie yang terletak di Niujie (Jalan Sapi), Distrik Xuanwu, Beijing, adalah masjid tertua dan paling besar di Beijing.[1][2]Niujie adalah wilayah padat berpopulasi 13.000 warga Muslim yang membentang dari utara ke selatan, sekitar satu mil di sebelah barat Kuil Surga.[2][5] Kawasan ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual masakan Muslim oleh penjualnya yang mengenakan peci putih.[2] Dinamakan Niujie karena warga di wilayah ini menjual masakan halal, terutama daging sapi maka dinamakan Niujie atau “Jalan Sapi”.[5]

untuk lengkapnya monggo diintip primbon om wiki

walopun ulasan aye dikit, tapi ada banyak harapan yang mengikutinya:

1. Semoga semakin banyak orang yang bisa mengambil hikmah yang tersebar di pilem ini. Bagusnya sih baca novelnya juga deh. disana banyak quote yang bagus2..seperti yang aye kutip untuk blog ini

2. Semoga pilem indonesia kaya gini, yang bukan komedi semi porno or roman picisan, semakin banyak dibikin

3. Semoga Asma Nadia terus produktip untuk merengkuh sodara2nya dengan cara yang lembut.

4. Moga pemaen-pemaennya bisa mengecap hidayah melalui pilem ini.

dah gitu aja. tolong di aminkan ya^^


Update: barusan (180115) dpt kabar bahagia: laudia pake jilbab ^^
Alhamdulillah.. barakallah ya..moga istiqamah xoxoxoxo

Advertisements