Tags

, , ,

belakangan ini kayanya sushi dah jadi bagian dari gaya hidup. ya, minimal di kitaran jakarta sinilah yang bisa aye amatin. nah, aye sebagai muslim yang berusaha untuk ngikutin ajaran islam dengan baik, tentu harus berusaha di segala aspek kehidupan dongs, termasuk dalam hal makanan. masalahnya, kalo dalam islam, sushi ini termasuk makanan yang rawan status kehalalannya. karena eh karena, kalo resep aslinya, nasi untuk sushi itu diadonin dulu pake cuka beras.

lah, kan cuka beras..emang cuka haram ya? cuka itu ternyata ada macem2 temans. nah bahan pembuatnya pun macem2. ada yang dari bahan mentah seperti nira, air kelapa dsb..kalo yang ini halal statusnya. nah cuka yang lain dibuatnya dari kham)..nah ini yang haram. untuk lebih jelasnya bisa baca di sini ya 🙂

ok..jadi yang haram itu cuka yang terbuat dari khamr. berarti cuka beras halal dong? kan cuka beras. jadi berarti itu cuka yang dibikin dari beras… eits..tunggu dulu 🙂 simak dulu nih cara pembuatan cuka beras (rice vinegar) berikut ini:

Making rice vinegar takes more time than work. You merely have to add mycoderma aceti – also called mother of vinegar, an acetic acid bacteria – to rice wine and let the “mother” acidify it and the air oxygenate it. You need a thick ceramic crock or an oak kombucha cask to block sunlight, preferably one with a spigot at the bottom, for processing wine into vinegar. Mother of vinegar floats on the surface and a spigot makes it easier to drain, but it isn’t necessary. You can also strain the vinegar through cheesecloth when it’s ready.

(Read more : http://www.ehow.com/how_2110567_make-rice-vinegar.html)

eh tapi kata om wikipedia, cuka beras itu ada 2 macem loh.. ada juga yang dari fermentasi beras kok..

hehe..coba dibaca baek2 ya: Rice vinegar is a very mild and mellow vinegar and ranges in colour from colourless to pale yellow. There are two distinct types of Japanese vinegar: one is made from fermented rice and the other, known as awasezu or seasoned rice vinegar is made by adding sake, salt and sugar. Seasoned rice vinegar is used in sushi and in salad dressing varieties popular in the west, such as ginger or sesame dressing. Rice vinegar can be mixed with salt and sugar to make sushi vinegar, which is used to season the rice used in sushi.

nah..keliatan kan, kalo bikin cuka beras yang buat sushi tuh pake khamr . yang namanya khamr itu haram. jadi rice vinegar yang buat bumbuin nasinya sushi juga haram. sepakat ya 🙂

selain di nasinya, titik kritis juga ada di cocolan sushi, yang namanya shoyu. ini kata om wikipedia juga loh 🙂

Soy sauce, or shōyu, is a fermented sauce made from soybeans (soya beans), roasted grain, water and salt. It is traditionally divided into 5 main categories depending on differences in ingredients and method of production. Most Japanese soy sauces include wheat as a primary ingredient, which tends to give them a slightly sweeter taste than their Chinese counterparts. They also tend toward an alcoholic sherry-like flavor, due to the addition of alcohol in the product.

nah..nah…berarti, muslim ga boleh makan sushi dongs T_T

tenaaang… di Jakarta dah ada beberapa resto sushi yang dapet sertifikasi halal dari MUI..ini dia..jeng..jeng…

  1. Sushi Bar. yang mau nyoba, monggo mampir ke Kuningan City Mall atau fX Sudirman. Pastinya dah tau kan tempatnya? anak gaol gitu loh hehe.
  2. d’Sushi Bodo. namanya unik ya 🙂 ini karena sushi yang biasanya dipatok dengan harga yang lumayan tinggi, disini dijual dengan harga murah. jadi katanya yang ngejual itu bodo(h) hehe. outletnya ada 2 juga. nih alamatnya: D’SUSHIBODO SUNTER
    JL. Sunter Barat Blok A2 No. 5 Jakara Utara
    Telp 021 6521 561D’SUSHIBODO DAAN MOGOT
    Apartemen Sky Terrace Lagoon Kondo Blok K 2 (Depan Mal Matahari)
    Jl. Tanah Lot Kompleks Daan Mogot Baru Jakarta Barat
    Tel. 021 2254 30 11
  3. Sushi Miya8i. kalo ini dah lumayan banyak outletnya. cekidot yaw:SUSHI MIYA8I KEBAYORAN
    Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 21
    Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
    Ph. +6221 7244282 – 0317228295 (DELIVERY)SUSHI MIYA8I TEBET
    Jl. Tebet Raya No. 58B
    Tebet, Jakarta Selatan
    Ph. +622183792877

    SUSHI MIYA8I DEPOK
    Ruko Margonda Raya No. 417, Blok 5-6
    Pondok Cina, Depok, Jawa Barat
    Ph. +622177214697 +622177214559 (DELIVERY)

    SUSHI MIYA8I KEMANG
    Jl Kemang Raya No. 19
    Kemang, Jakarta Selatan
    ph. 021.71791092

    SUSHI MIYA8I KALIMALANG
    Jl. Inspeksi Kalimalang N0. 5
    Rt. 001/07. kel. pd kelapa
    kec. duren sawit. Jak-Timur
    ph. 021.8601296 – 0218611836

    SUSHI MIYA8I KEMANGGISAN (Binus)
    Jl. Anggrek Cakra No. 01 Rw belong raya
    kebon jeruk no 1, Rt. 004/06 Sukabumi Utara
    Jak – Bar 11540
    Ph. 021.5490545 – 021.53662729 (DELIVERY)

    SUSHI MIYA8I RAWAMANGUN
    Jl. Balap sepeda No. 8 (depan arion plaza)
    ph. 021.29574762 – 02129574763

naaaaah..buat kamu yang penasaran pengen nyobain sushi yang halal dan menenangkan, monggo mampir ke tempat yang sudah di rekomendasikan.

itadakimasu^^

btw, ini murni berbagi info, saya tidak dibayar oleh pihak manapun. 

Advertisements