Tags

, , , ,

Tadi pagi nonton di tipi, semacam acara jalan-jalan gitu. Presenternya ikutan nelayan Tarakan, Kalimantan Utara untuk nangkep ikan langsung di laut. Dari sekian banyak hasil tangkapan, terdapatlah ikan pepija, yang biasa disebut ikan lembek oleh penduduk setempat.

image

Ikan pepija -gambar ambil di google

Karena baru sekali ini liat, aye kira ni ikan aseli n cuma ada di Indonesia..ternyata nggak.. nih peta sebarannya yg diambil dari sumbernya

image

Lumayan luas juga ya sebarannya^^
Menurut FAO , walaupun asalnya dari kawasan timur pantai Afrika, tapi tangkapan terbesar ikan jenis ini ada di India (di sana dikenal dengan nama bombay duck) dan Indonesia.
Walopun menurut FAO ikan jenis ini juga biasa dijual dlm keadaan segar, di Tarakan biasanya dijual setelah dikeringkan terlebih dahulu.
Jadi begitu nelayan merapat ke dermaga n ikanikan dipisahkan berdasarkan jenisnya, pipeja ini langsung dibersihkan untuk kemudian dikeringkan. Kenapa? Kalo kata presenternya sih, karena tubuh ikan ini 80% terdiri dari air, jadi harus segera diproses supaya nggak hancur (which is bakalan nurunin nilai jualnya, i guess).

80% terdiri dari air..kaya familier..
Oh iya..KITA, manusia, kan juga terdiri dari 80% air ^^

*update 22042017: dan akhirnya ide yg sepertinya bagus utk mengambil hikmah dari ikan ini tidak tersalurkan akibat menunda2😥. tulisan menggantung😫

***pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati***

Advertisements