Tags

, , , , , , , , , ,

Dah tau belom pilem ant man?

image

Pilem ini ceritanya tentang seorang mantan napi yang berubah jadi super hero dengan bantuan seorang doktor. Doktor ini mengembangkan kostum super hero yang membuat pemakainya memiliki kemampuan kekuatan seperti semut n bisa berubah wujud jadi sekecil semut  trus balik lagi ke ukuran semula hanya dengan sekali klik^^

Agak melebar dikit ah.. doktor ini ternyata pendiri avengers loh. Tadinya aye pikir, ant man ini bakalan ditarik jd anggota avengers, menyusul spidey (dipilem kartun). Ternyata kata temen aye yang pak dosen penggemar komik, justru ant man (generasi pertama, pak doktor Pym) ini termasuk pendiri avengers.

image

Pas ngulik2, ternyata bener. Sejarahnya bisa diliat di sini

image


Nah, balik lagi tentang semut. Tadi disinggung-singgung, kalo ant man punya kekuatan super seperti semut. Semut? Yang kecil itu? Masa iya dia kuat? Kuat mana ama hulk?
Weits, jgn salah.. semut itu kuat banggets loh. Dia bisa ngangkat bebat yang beratnya 5.000 kali dari berat tubuhnya sendiri! Kalo dikonversiin, sama lah kaya kita ngangkat 60 ekor gajah (!!!)
Ga percaya? Baca aja blog ini . Ada link ke jurnal yang dah neliti tentang kekuatan semut ini.


Menurut para ilmuwan, semut yg biasa kita lihat sehari-hari itu semut betina. Dan semut bersayap itu adalah semut dalam fase kawin. So, kata entomologis, si Ant-ony itu harusnya dikasi nama Ant-oinette coz bentuk kepala dan struktur rahangnya menunjukkan kalo dia semut ratu, bukan pejantan hihihi..
Oya, semut yang dalam fase kawin, bakalan susah tuh ditunggangin, maklumlah hehe..jd hebat juga ya ant man bisa ngendaliin semut yg lagi kebelet :p dah gitu, fase kawin yang terjadi di musim semi, ditambah pejantan yang bakal mati setelah kawin, n betina juga bakal nyopotin sayapnya, si ant man bakalan kesulitan transport nih hehe
Btw, ilmu dari para ilmuwan bisa diintip di sana dan di sini

Daritadi ngomongin semut terus.. siapa sih semut itu?
Semut itu hewan yang hidup dalam koloni. Dalam koloni ini terdapat pembagian tugas yang jelas. Ada semut ratu yang tugasnya menjaga kelestarian spesies dibantu oleh semut pejantan, ada semut penjaga pintu,ada semut pekerja, ada juga semut prajurit.

Mereka berkomunikasi melalui feromon yang dikeluarkan oleh tubuhnya. Feromon itu aka menunjukkan apakah ada makanan, bahaya, atau bahkan mengenali mana yang anggota koloni mana yang bukan. Detektor feromon ada di antena di kepala semut.

Hingga suatu ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut: ” Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari” (QS An Naml, 27: 18)

Koloni ini pinter banget loh ngebangun rumahnya. Liat deh
image

1. Sistem pertahanan udara:
Saat musuh terbesar semut, yakni burung, mendekati sarang, sebagian prajurit mengarahkan perut mereka ke atas di lubang sarang dan menyemprotkan asam ke arah burung.

2. Rumah kaca:
Dalam ruangan yang menghadap ke selatan ini, telur dari semut ratu matang. Suhu ruangan ini tetap pada 38OC.

3. Pintu masuk dan pintu samping: Pintu-pintu masuk ini dijaga semut penjaga pintu. Pada saat bahaya, mereka menutup pintu dengan kepala mereka yang rata. Kalau ingin masuk melalui pintu, penghuni lain koloni mengetuk kepala semut penjaga pintu dengan antena dalam irama khusus, dan semut penjaga pintu pun membuka pintu. Jika mereka lupa irama ini, penjaga langsung membunuh mereka.

4. Ruang siap pakai:
Jika menemukan sarang lama saat membangun sarang, semut juga menggunakan ruangan sarang tua yang masih bertahan bentuknya. Jadi, mereka menghemat banyak waktu dalam merampungkan struktur sarang.

5. Makam penyimpanan:
Dalam ruangan ini semut menaruh bangkai semut dan gabah tak termakan yang mereka kumpulkan.

6. Ruang penjaga:
Semut prajurit berada di sini dalam keadaan siaga sepanjang hari. Kalau merasakan bahaya sedikit saja, mereka segera bertindak.

7. Sekat luar:
Sekat ini, terbuat dari potongan cabang dan ranting, melindungi sarang melawan panas, dingin, dan hujan. Berkurang atau tidaknya lapisan sekat ini senantiasa diawasi semut pekerja.

8. Ruang perawatan:
Semut perawat menghasilkan cairan manis dari perutnya. Semut pengasuh menusuk perutnya dengan antena dan memanfaatkan cairan ini.

9. Gudang daging:
Serangga, lalat, jangkrik, dan semut musuh disimpan dalam gudang ini setelah dibunuh.

10.Gudang gandum:
Semut penggiling membawa butir besar gandum dalam bentuk tablet kecil ke sini, dan memanfaatkannya sebagai roti di musim dingin.

11.Perawatan larva:
Semut perawat menggunakan air liurnya, yang bersifat antibiotik, untuk melindungi semut bayi dari penyakit.

12.Ruang musim dingin:
Semut yang sedang hibernasi, mulai awal November dan bangun pada bulan Mei, melewatkan musim dingin panjang di sini. Saat bangun, tugas pertama mereka adalah membersihkan ruangan ini.

13.Departemen pemanas sentral: Mencampur potongan daun dan ranting di sini menghasilkan panas tertentu. Ini menjaga suhu sarang antara 20O dan 30OC.

14.Ruang pengeraman:
Telur ibu ratu disimpan di ruangan ini sesuai dengan urutan ditelurkan. Lalu, jika tiba saatnya, telur diambil dari sini dan dibawa ke rumah kaca.

15.Ruang bangsawan:
Ibu ratu menelurkan telurnya di sini. Asisten yang terus memberinya

*sumber gambar + keterangan: http://id.harunyahya.com/id/Buku/769/menjelajah-dunia-semut/chapter/2823

Masya allah.. hewan sekecil itu, kok hebat banget ya? Ya iyalah..siapa dulu Penciptanya^^

…tidak ada satu pun makhluk bergerak (bernyawa) melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (menguasainya)… (QS Huud, 11: 56)


Maka…

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal (QS Ali Imran, 3: 190)

***pengikat ilmu. pengasah otak. pemoles hati***

Advertisements